Arti Lafal “Kami” yang Allah Gunakan Dalam Al-Quran

quran
Soal: Kenapa dalam Al-Quran terjemahan Allah sering menyebut dirinya dengan “Kami” yang artinya orang pertama jamak padahal Allah itu tunggal atau esa?

Jawab: Penggunaan kata-kata “kami”. Kalau Anda pernah belajar bahasa Indonesia di SD, SMP, SMA, atau bahkan di perguruan tinggi, tentu ketika mempelajari kata ganti akan menemukan istilah “pluralis mayastatis”. Plural adalah bentuk jamak, mayastatis menunjukkan mayor, menunjukkan keunggulan. Pluralis mayastatis itu ada dalam bahasa Indonesia.

Pak kepala sekolah, misalnya, dalam upacara mengatakan, “Kami sebagai kepala sekolah.” Atau president dan kepalas desa menyebut dirinya sebagai “kami”. Apakah artinya kemudian mereka itu bohong, satu orang ‘koq disebut kami? Tentu –jabawabannya- tidak. Sebab, “kami” di sini adalah pluralis mayastatis yang artinya bentuk jamak yang menunjukkan istimewa dan seorang yang agunga.
Demikian juga ada dalam bahasa Arab hal ini, yaitu dhamir mufrad li ta’zhim an-nafs yang artinya kata tunggal yang menunjukkan dirinya seorang yang agung.

Oleh karena itu tidak perlu kemudian termakan dengan syubhatnya orang-orang Nasrani, pelaku dakwah ukhuwwah, dan teman-temannya yang bikin selebaran macem-macem. Salah satunya adalah, “Orang Islam itu tuhannya juga banyak. Buktinya adalah –dalam Al-Quran Allah menyut diri-Nya dengan- “kami, kami”.
(Dijawab oleh Ustadz Aris Munandar –hafizhahullah- dalam sebuah rekaman radio)

About these ads

Tentang Firman Hidayat bin Marwadi

Seorang penuntut ilmu yang semoga diberi keistiqamahan oleh Allah dalam setiap kebaikan.
Tulisan ini dipublikasikan di Tafsir & Ilmunya. Tandai permalink.

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s