//
you're reading...
Aqidah dan Manhaj

Urgensi Tauhid dalam Islam

Nampak keurgensian tauhid dari beberapa hal di bawah ini:

1. Bahwasannya seruan pertama di dalam Al Quran adalah dimulai dengan tauhid. AllohTa’ala berfirman, “Hai manusia, sembah lah Robb kalian…” dsb (Al Baqarah).

2. Bahwasannya surat pertama dalam Al Quran (yaitu Al Fatihah) menyebutkan urgensi ibadah dan istiqamah. AllohTa’ala berfirman,”Hanya kepada-Mu lah kami menyembah dan hanya kepada-Mu lah kami memohon pertolongan.” (Al Fatihah: )

3. Bahwasannya para nabi dan rosul memulai (dakwahmereka) dengan tauhid ini.

Firman Alloh Ta’ala berkaitan dengan Nabi Nuh‘alaihissalam, ”Sungguh Kami telah mengutus Nuh kepada kaumnya. Dia menyeru,’Hai kaum, sembah lah Alloh. Kalian tidak memiliki tuhan selain-Nya.’” (Al A’rof: 59)

Firman-Ny atentang Nabi Hud‘alaihissalam,”Dan kepada ‘Ad Kami utus saudara (senasab) mereka, Hud. Dia berkata, ‘Hai kaum, sembahlah Alloh. Kalian tidak mempunyai tuhan selain-Nya.’” (Al A’rof: 65 &Hud: 50)

Firman-Nya berkenaan dengan Nabi Sholih‘alaihissalam,”Dan kepada Tsamud Kami utus saudara mereka, Sholih. Dia berkata, ‘Hai kaum, sembahlah Alloh. Kalian tidak memiliki tuhan selain-Nya.’” (Al A’rof: 73 &Hud: 61)

Firman-Nya tentang Nabi Syu’aib‘alaihissalam, “Dan kepada Madyan saudara mereka, Syu’aib.Dia berkata, ‘Hai kaum, sembah lah Alloh. Kalian tidak memiliki tuhan selain-Nya.’” (Al A’rof: 85 &Hud: 84)

Firman-Nya berkenaan dengan Nabi Ibrohim Al Kholil‘alaihissalam, “Ingat lah tatkala Ibrohim berkata kepada ayahnya, Azar, ‘Pantaskah engkau menjadikan patung-patung itu sebagai tuhan-tuhan? Sesungguhnya aku melihat kamu dan kaummu dalam kesesatan yang nyata.’” (Al An’am: 74)

Firman-Nya juga berkaitan dengan Nabi Ibrohim ‘alaihissalam, “Ceritakan lah Ibrohim di dalam Al Quran.Sesungguhnya dia adalah seorang yang sangat mencintai kebenaran dan seorang rosul. Ingat lah ketika Ibrohim berkata kepada ayahnya, ‘Wahai ayahku, kenapa engkau menyembah sesuatu yang tidak dapat mendengar, tidak melihat, juga tidak dapat menolongm sedikit pun?’” (Maryam: 41-42)

Firman-Nya jugat entang beliau, “Dan dia (Ibrohim) menjadikan (kalimat tauhid) itu kalimat yang kekal pada keturunannya agar mereka kembali (kepada kalimat tauhid itu).” (AzZukhruf: 28)

Alloh berfirman tentang Nabi Ya’qub‘alaihissalam, “Apakah kalian menjadi saksi tatkala maut akan menjemput Ya’qub, ketika ia berkata kepada anak-anaknya, ‘Apa yang akan kalian sembah setelah sepeninggalanku nanti?’Merek menjawab, ‘Kami akan menyembah Robb-mu dan Robb nenek moyang engkau, yaitu Ibrohim, Isma’il, dan Ishaq. Dialah Robb yang Mahaesa dan kami hanya berserah diri kepada-Nya.’” (Al Baqoroh: 133)

Firman Alloh berkenaan dengan Nabi Yusuf ‘alaihissalam, “Wahai kedua teman penjaraku, manakah yang lebih baik, tuhan-tuhan yang bermacam-macam atau kah Alloh yang Mahaesa, Mahaperkasa?Apa yang kalian sembah selain Dia, hanyalah nama-nama yang kalian buat-buat, oleh diri kalian sendiri maupun oleh nenek moyang kalian. Alloh tidak menurunkan keterangan tentang hal  (nama-nama) itu.” (Yusuf: 39-40)

Alloh berfirman tentang ucapan Nabi Musa ‘alaihissalam kepada Fr’aun, “Dan (Musa) berkata, ‘Sungguh, kamu telah mengetahui bahwa tidak ada yang menurunkan (mukjizat-mukjizat) itu kecuali Robb langit dan bumi sebagai bukti-bukti nyata. Sungguh aku yakin kamu akan binasa, hai Fir’aun.’” (Al Isro’: 102)

Nabi Musa juga berkata kepada Fir’aun, “Dia (Musa) berkata, ‘Robb kami ialah (Robb) yang telah memberikan bentuk kejadian kepada segala sesuatu, kemudian Dia memberikan petunjuk.’” (Thoha: 50)

Beliau juga berkata, “Sungguh, Tuhan-mu hanyalah Alloh, tidak ada tuhan yang berhak disembah selain Dia. Pengetahuan-Nya meliputi segala sesuatu.” (Thoha: 98)

Firman Alloh berkenaan dengan Al Masih ‘Isa ‘alaihissalam, “Sungguh, telah kafir orang-orang  yang mengatakan, Alloh adalahAlmasih putra Maryam. Almasih berkata, ‘Hai Bani Isroil, sembah lah Alloh, Robb-ku dan Robb kalian.’” (Al Maidah: 76)

Beliaujugaberkata, “Aku tidak pernah mengatakan kepada mereka kecuali apa yang Engkau perintahkan kepadaku,  ‘Sembahlah Alloh, Robb-ku dan Robb kalian.’” (Al Maidah: 117)

Alloh berfirman tentang Nabi kita shollallohu ‘alaihi wa sallam, “Dan sesungguhnya masjid-masjid itu hanya untuk Alloh. Maka jangan lah kalian menyembah apa pun di dalamnya selain Alloh. Dan sesungguhnya hamba Alloh (Muhammad) berdiri menyembah-Nya (menunaikan sholat). Mereka (jin-jin) berdesak-desakan mengerumuninya. Katakanlah (Muhammad, ‘Aku hanya menyembah  Robb-ku dan aku tidak mensekutukan sesuatu pun dengan-Nya.’” (Al Jinn: 18-20)

Alloh jugaberfirman, “Sesungguhnya mereka dahulu apabila dikatakan laailaahaillalloh (tidak ada tuhan yang berhak disembah selain Alloh), mereka menyombongkan diri.” (Ash Shoffat: 35)

Juga firman Alloh menyitir ucapan orang musyrik, “Apakah dia (Muhammad) menjadikan tuhan-tuhan itu Tuhan yang satu saja? Sungguh, ini adalah sesuatu yang sangat mengherankan.” (Shod: 5)

4. Bahwasannya jinn juga menyeru kepada tauhid ini.

Alloh berfirman, “Katakan (Muhammad), telah diwahyukan kepadaku bahwaada sekumpulan jinn telah mendengarkan (bacaan Al Quran). Lalu meeka berkata, ‘Kami telah mendengarkan bacaan (Al Quran) yang menakjubkan, yang memberi petunjuk kepada jalan yang benar, lalu kami pun mengimaninya. Dan sekali-kali kami tidak akan mensekutukan Robb kami dengan suatu apa pun.’” (Al Jinn: 1-2)

Alloh juga berfirman, “Dan ingat lah ketika Kami hadapkan segerombolan jinn di hadapanmu (Muhammad) mendengarkan (bacaan) Al Quran. Ketika mereka menghadiri pembacaannya, mereka berkata, ‘Diam lah kalian (untuk mendengarnya)!’Tatkala sudah selesai, mereka kembali kepada kaumnya untuk memberi peringatan.

Mereka berkata, ‘Hai kaum kami, sungguh kami telah mendengar Kitab (Al Quran) yang diturunkan setelah Musa, membenrkan kitab-kitab yang diturunkan sebelumnya, membimbing kepada, dan kepada jalan yang lurus.’

‘Wahai kaum kami, terima lah seruan orang (Muhammad) yang menyeru kepada Alloh dan beriman lah kepada-Nya, niscaya Dia akan mengampuni dosa-dosa kalian, dan membebaskan kalian dari azab yang pedih.’” (Al Ahqof: 29-31)

5. Bahwasannya hewan-hewan juga mendakwahkan tauhid ini.

Alloh Ta’ala berfirman tentang perkataan burung Hudhud, “Aku (Hudhud) mendapatinya (Ratu Saba’, Bilqis) dan kaumnya menyembah matahari, bukan kepada Alloh; dan setan telah menjadikan terasa indah perbuatan-perbuatan (buruk) mereka, sehingga menghalangi mereka dari jalan Alloh, maka mereka pun tak mendapatkan petunjuk.

Mereka juga tidak menyembah Alloh yang mengeluarkan apa yang terpendam di langit dan bumi dan yang mengetahui apa yang kalian sembunyikan maupun yang kalian nampakkan. Alloh tiada tuhan yang berhak disembah selain Dia, Robb yang memiliki ‘Arsy yang anagung.’” (An Naml: 24-26)

6. Bahwasannya para Malaikat menyeru kepada tauhid ini.

Alloh Ta’ala berfirman, “Dan ingat lah ketika Alloh mengumpulkan mereka semua kemudian Dia berfirman kepada para malaikat, ‘Apakah kepada kalian dulu mereka menyembah?’ Mereka menjawab, ‘Subhanalloh (Mahasuci Engkau). Engkau lah pelindung kami, bukan mereka; bahkan mereka menyembah jinn. Kebanyakan mereka percaya kepada jinn itu.’” (Saba’: 41-42)

7. Bahwasannya benda-benda mati juga menyeru kepada tauhi dini.

Alloh berfirman, “Langit yang tujuh lapis, bumi, dan segala yang ada di dalamnya bertasbih kepada-Nya. Dan tidak ada sesuatu pun kecuali bertasbih dengan menyanjung-Nya, namun kalian tidak mengerti tasbih mereka. Sungguh, Dia Maha penyantun, Mahapengampun.” (Al Isro’: 44)

  •  Dekte dari Syaikh Dr. ‘Abdul Karim ‘Isa Ar Ruhaili hafizhohulloh ketika daurah di Darunnajah Ulujami Jakarta 1433 H

About Firman Hidayat Marwadi

Seorang penuntut ilmu yang semoga diberi keistiqamahan oleh Allah dalam setiap kebaikan.

Diskusi

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: