//
you're reading...
Bimbingan Islam

Dakwah Seorang Wanita Muslimah

Soal ke-60:

Bagaimanakah seorang wanita mendakwahi wanita-wanita sejenisnya agar berpegang teguh kepada agama ini?Apakah lebihafdhol untuk berkumpul di salah satu rumah dari mereka ataukah di sebuah masjid?

Jawab:

Yang menjadi pendapatku adalah bahwa wanita itu mungkin berdakwah sebagaimana laki-laki. Akan tetapi melihat wanita yang tidak mudah keluar sebagaimana mudahnya laki-laki, maka ia tidak bias menyamai laki-laki dari segala segi. Namun madrasah-madrasah dan kuliah-kuliah ini (di Saudi) yang mengumpulkan sejumlah wanita bias dimungkinkan menjadi tempat untuk berdakwah kepada Allah di antara wanita.

Adapun berkumpul di salah satu rumah untuk ilmu bagiwanita,  maka aku bertawaqquf  (tidak berpendapat). Karena jika aku membandingkan antara keutamaan yang bermanfaat dengan apa yang dikhawatirkan berupa bahaya di dalamnya, aku katakan: yang lebih utama adalah wanita tetap tinggal di rumahnya, dan ia mempelajari ilmu dan membaca buku-buku yang mudah. Allohumma, terkecuali jika wanita-wanita itu di rumah yang saling berdekatan seperti tetangga yang berdempetan, misalnya, maka ini adalah perkara yang mudah.

Adapun seorang wanita (jika harus) mengendarai mobil atau pergi ke tempat yang jauh untuk berkumpul di suatu rumah perempuan, aku masih bertawaqquf  di dalamnya. Dan aku memohon pilihan (istikhoroh) kepada Allah dalam berpendapat tentangnya.

 

  • Ash Shohwah Al Islamiyyah: Dhowabith wa Taujihat (hal. 124) karya Al ‘Allamah Muhammad bin Sholih Al ‘Utsaimin rohimahulloh

About Firman Hidayat Marwadi

Seorang penuntut ilmu yang semoga diberi keistiqamahan oleh Allah dalam setiap kebaikan.

Diskusi

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: