//
you're reading...
Fiqih dan Hukum

Adakah bacaan setelah Al Fatihah pada rakaat ketiga dan keempat?

al-fatihah

Dalam Zadil Ma’ad fi Hady Khoiril ‘Ibad (I/129), Al ‘Allamah Ibnu Qoyyimil Jauziyyah rohimahulloh mengatakan:

“Tidak ada hadits yang valid dari Nabi shollallohu ‘alaihi wa sallam, bahwa beliau membaca sesuatu dari Al Quran setelah Al Fatihah di dua rakaat terakhir. Dalam salah satu dari dua pendapatnya, Imam Asy Syafi’i dan lainnya berpendapat dianjurkannya menambahkan bacaan setelah Al Fatihah di dalamnya (dua rakaat terakhir), karena hadits Abu Sa’id dalam hadits shohih, “Kami menaksir lama berdirinya Rosululloh shollallohu ‘alaihi wa sallam pada dua rakaat pertama di sholat zhuhur selama bacaan Alif Lam Tanzil As Sajdah, dan lama berdirinya di dua rakaat terakhir setengah dari itu.

Lamanya berdiri di dua rakaat pertama saat sholat ‘ashar, setara dengan berdirinya di dua rakaat terakhir pada sholat zhuhur, dan dua rakaat terakhir pada shalat ‘ashar setara dengan setengah dari itu.”

Selanjutnya beliau menyebutkan hadits Abu Qotadah, bahwa zhahirnya mencukupkan dengan membaca Al Fatihah di dua rakaat terakhir saat sholat zhuhur dan ‘ashar.”

Di halaman 130, Ibnul Qoyyim berkata, Dimungkinkan dikatakan, bahwa ini perbuatannya yang dominan. Dan boleh jadi beliau shollallohu ‘alaihi wa sallam membaca sesuatu setelah Al Fatihah di dua rakaat terakhir, sebagaimana yang dibuktikan dalam hadits Abu Sa’id.

Sebagaimana terkadang Nabi meringankan sholat fajar dan memanjangkan sholat maghrib, berkunut di sholat shubuh dan mengeraskan basmalah dan memperdengarkan ayat saat zhuhur dan ‘ashar. Maksudnya, beliau mengerjakan sesuatu karena suatu hal dan bukan kebiasaan.” [Mukhtarot min Zadil Ma’ad (hal. 21), karya Syaikh Muhammad bin Sholih Al ‘Utsaimin, cet. Darul Ufuq]

About Firman Hidayat Marwadi

Seorang penuntut ilmu yang semoga diberi keistiqamahan oleh Allah dalam setiap kebaikan.

Diskusi

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: