//
you're reading...
Fiqih dan Hukum

Rawatib Sebelum Zhuhur, Dua atau Empat?

siph

Berikut adalah beberapa penafsiran berapa rakaat shola sunnah rowatib yang dilakukan sebelum zhuhur. Dua atau empat?

Imam Ibnu Qoyyimil Jauziyyah rohimahulloh berkata dalam kitab monumentalnya, Zadul Ma’ad fi Hady Khoiril ‘Ibad (I/162):

“Dalam hadits Ibnu ‘Umar tentang sholat rowatib: dua rakaat sebelum zhuhur, sedangkan dalam hadits ‘Aisyah, bahwasannya Nabi tidak pernah meninggalkan empat rakaat sebelum zhuhur; bisa dikatakan, jika Nabi mengerjakan sholat rowatib di rumahnya, beliau sholat empat rakaat, namun jika sholat di masjid, beliau sholat dua rakaat. Dan pendapat ini lebih kuat.

“Bisa juga dikatakan, Nabi melakukan ini (2 rakaat) dan itu (4 rakaat). Masing-masing cerita dari ‘Aisyah dan Ibnu ‘Umar, sesuai apa yang disaksikan masing-masing.

“Juga dikatakan, empat rakaat ini bukan merupakan sholat sunnah zhuhur, namun sholat tersendiri yang dikerjakan usai tergelincirnya (matahari). Sebagaimana yang disebutkan Imam Ahmad, dari ‘Abdulloh bin As Saib, “Bahwasannya Rosululloh shollallohu ‘alaihi wa sallam mengerjakan sholat empat rakaat setelah matahari tergelincir.” Lalu beliau bersabda, “Sesungguhnya itu merupakan waktu dibukanya pintu-pintu langit. Maka aku menyukai apabila amal sholihku naik.” Selanjutnya beliau (Imam Ahmad) menyebutkan dalil yang menguatkan kemungkinan (pendapat) ini, bahwa empat rakaat itu adalah sholat tersendiri (yang diyunaikan) setelah tergelincirnya matahari. Adapun sholat sunnah zhuhurnya adalah dua rakaat yang disebutkan ‘Abdulloh bin ‘Umar rodhiyallohu ‘anhuma.” [Mukhtarot min Zadil Ma’ad (hal. 26-27), karya Syaikh Muhammad bin Sholih Al ‘Utsaimin rohimahulloh, Darul Ufuq cet. ke-2]

About Firman Hidayat Marwadi

Seorang penuntut ilmu yang semoga diberi keistiqamahan oleh Allah dalam setiap kebaikan.

Diskusi

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: