//
you're reading...
Akhlaq dan Adab

Tips Hidup Bahagia

السَّعِيْدُ مَنْ وُعِظَ بِغَيْرِهِ
“Orang yang bahagia adalah orang yang memperoleh nasihat (pelajaran) dari kejadian yang menimpa orang lain.”

Contoh:
Banyak orang yang kehilangan kakinya karena kebut-kebutan saat mengendarai kendaraan bermotor. Orang yang bahagia adalah orang yan mengambil pelajaran dari realita ini, maka ia akan lebih hati-hati dan pelan-pelan saat mengendarai kendaraan bermotor. Sementara orang yang celaka adalah orang yang baru mendapatkan nasehat manakala kakinya sudah hilang karena kebut-kebutan. Dan pada saat ini ia baru percaya, “Owh, ternyata benar ya… Kebut-kebutan di jalan dapat menghilangkan kaki.”

Contoh:
Banyak orang pacaran yang pada akhirnya berakhir pada perzinaan dan penghamburan harta. Orang yang berbahagia adalah orang yang mengambil pelajaran dari pristiwa ini sehingga ia akan meninggalkan tindakan yang sama. Sebaliknya, orang yang celaka adalah orang yang baru memperoleh nasehat tatkala sudah terjerumus pada kenistaan, hartanya hilang demi sang kekasih yang belum halal yang selalu minta ini dan itu sehingga hartanya pun terkuras di jalan dosa. Setelah demikian, ia baru sadar, “Ternyata benar ya…”

Contoh:
Fakta membuktikan bahwa rokok adalah pembunuh berdarah dingin. Orang yang berbahagia adalah orang yang memperoleh nasihat dari fakta ini sehingga ia akan menghindar dan menjauh dari rokok. Sedangkan orang yang celaka adalah orang yang baru sadar saat dokter sudah memvonisnya positif terserang penyakit paru-paru!

almarwadi.wordpress.com

About Firman Hidayat Marwadi

Seorang penuntut ilmu yang semoga diberi keistiqamahan oleh Allah dalam setiap kebaikan.

Diskusi

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: