//
you're reading...
Sejarah Islam

Misteri Keislaman Si Singamangaradja XII

surat-sisingamangaraja-xii (03)Beliau merupakan pembangkit perlawanan bersenjata terhadap imperialis modern Barat di Sumatera Utara 1289-1325 (36 tahun) Hijrah Nabi.

Perang Batak dipimpin oleh Si Singamaradja XII, bersamaan waktunya dengan perang Aceh dipimpin oleh Teuku Umar dan Tjut Nja Dhien, 1873-1904 M.

Dalam sejarah Indonesia ditulis Si Singa mangaradja XII sebagai penganut agama Perpegu. Dalam realitas sejarahnya, Si Singamangaradja XII seorang MUSLIM yang sangat taat kepada ajaran Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam.

Dapat dibaca pada stempelnya. Tidak hanya menyebutkan dirinya sebagai Raja di Bakara. Namun juga, menuliskan Tahun Hijrah Nabi pada 1304. Pada umumnya, dalam penulisan Tahun Hijrah, cukup dengan angka tahun hijrahnya dengan disingkat dengan huruf H saja. Tanpa Nabi.

Tidaklah demikian halnya dengan Si Singamangaradja XII. Dituliskan dengan lengkap Hijrah Nabi. Benderanya Merah Putih. Di dalamnya terdapat gambar Pedang Rasulullah yang bercabang dua. Di kanan kirinya terdapat pula lambang Bulan dan Matahari.

Benarkah Si Singamangaradja XII bukan seorang Muslim, bila stempel atau cap kerajaannya, menggunakan Tahun Hijrah Nabi?

Huruf Arab: Inilah cap Maharaja di Negeri Toba (Thayyibah?), Kampung Bakara nama kotanya Hijrah Nabi 1304.

Dampak dari upaya deislamisasi dalam penulisan “Sejarah Si Singamangaradja XII”, meragukan bahwa Si Singamangaradja XII memeluk Islam. Namun, kalau kita ikuti karya Sukatulis yang terbit 1907, menyatakan:

“Volgens berichten van de bevolking moet de tegen, woordige titlaris een 5 tak jaren geleden tot den Islam zijn bekeerd, doch hij werd geen fanatiek Islamet en oefende geen druk op zinj ongeving uit om zich te bekeeren.”

Artinya:
“Menurut kabar dari penduduk, raja yang sekarang (maksud Titularis adalah Si Singamangaradja XII), sejak lima tahun yang lalu telah memeluk agama Islam yang fanatik. Namun dia (Raja Si Singamangaradja XII) tidak memaksa supaya orang-orang di sekitarnya menukar agamanya, menjadi Islam.”

Wallahua’lam.

(Api Sejarah ~Buku yang akan Mengubah Drastis Pandangan Anda tentang Sejarah Indonesia~ I/240-241, karya Prof. Dr. Ahmad Mansur Suryanegara)

Pertama kali dipublikasikan: https://www.facebook.com/firmanhidayat.almarwadi.5/posts/201370840030627

Artikel: almarwadi.wordpress.com

About Firman Hidayat Marwadi

Seorang penuntut ilmu yang semoga diberi keistiqamahan oleh Allah dalam setiap kebaikan.

Diskusi

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: