//
you're reading...
Firqah Sesat

Kekafiran Syi’ah Menurut Syaikh Muhammad Arsyad Al-Banjari

syiah-sesatDalam kitab aqidahnya yang ditulis dalam bahasa Melayu font Arab [pegon], Tuhfah Ar-Raghibin fi Bayan Haqiqah Iman Al-Mu’minin wa Ma Yufsid min Riddah Al-Murtaddin (hal. 9-10), Al-‘Allamah Muhammad Arsyad bin ‘Abdullah Al-Banjari –rahmatullah ‘alaih- menulis tentang berbagai kelompok sesat yang 72:“Kata segala ulama Ahlussunnah wal Jama’ah –radhiyallahu ‘anhum-, bahwa adalah kaum yang tujuh puluh dua kaum itu asalnya enam kaum jua:
• Pertama, Rafidhiyyah.
• Kedua, kaum Kharijiyyah.
• Ketiga, kaum Jabariyyah.
• Keempat, kaum Qadariyyah.
• Kelima, kaum Jahmiyyah.
• Keenam, kaum Murjiah.

Kemudian maka jadi pula daripada tiap-tiap suatu yang keenam kaum dua belas. Maka jadilah berhimpunan mereka itu tujuh puluh dua sekalian SESAT, daripada isi neraka!”

[Selanjutnya beliau menyebutkan sebuah atsar dari ‘Abdullah bin ‘Abbas –radhiyallahu ‘anhuma– yang belum saya ketahui kevalidatisannya, sehingga saya urungkan mengutipnya di sini]
Beliau berkata:
“Maka sekarang kunyatakan akan seteng [setengah dalam bahasa Indonesia modern berarti : sebagian] i’tiqad kaum yang enam kaum ia yang asal daripada kaum yang tujuh puluh dua.

Adapun kaum [Syi’ah] Rafidhiyyah, maka yaitu 12 kaum. Setengah daripada i’tiqad mereka:
• Bahwa Sayyidina ‘Ali –radhiyallahu ‘anhu– adalah ia turun dari langit serta keluar daripadanya awan uluhiyyah [ketuhanan], lalu masuk kepada rupa manusia.

Maka dikerjakannyalah beberapa pekerjaan yang menunjukkan atas ketuhanan setelah itu maka naik pula kelangit.

Maka i’tiqad itu KUFUR seperti i’tiqad setengah daripada kaum Nasrani .

• Dan setengah mereka itu adalah i’tiqadnya, bahwa Sayyidina ‘Ali –radhiyallahu ‘anhu– itulah nabi Allah, dan Jibril membawa wahyu kepada Muhammad itu tersalah.

Maka i’tiqad yang demikian itu KUFUR karena firman Allah:
وَ مَا مُحَمّدٌ إِلَّا رَسُوْلُ اللهِ
Yakni, “Tiada jua Muhammad itu melainkan Nabi, pesuruh Allah.”

• Dan setengah mereka itu adalah i’tiqadnya , bahwa Sayyidina ‘Ali –karramallah wajhah– itu bersyerikat dengan Muhammad –shallallahu ‘alaihi wa sallam– pada nubuwwah.
Maka i’tiqad itu KUFUR!

• Dan setengah mereka itu adalah i’tiqadnya, bahwa khalifah itu Sayyidina ‘Ali, tiada lainnya. Dan bahwasannya Abu Bakar, dan ‘Umar, dan ‘Utsman jadi “kafir” mereka itu tatkala menerima jadi khalifah lain daripada ‘Ali.
….
• Dan setengah mereka itu adalah i’tiqadnya, bahwa ruh apabila keluar ia dari suatu badan, maka masuk ia kepada lembaga yang lain.
Maka i’tiqad itu KUFUR!

• Dan setengah mereka itu adalah i’tiqadnya, bahwa Sayyidina ‘Ali –karramallah wajhah– lagi akan kembali ke dunia dengan hidupnya dahulu daripada hari Kiamat serta mengambil balas ia daripada segala seterunya adalah tempatnya sekarang ini pada awan. Maka guruh dan kilat itu suara ancam matinya.

Maka i’tiqad yang demikian itu KUFUR karena bersalahan dengan Quran, dan hadits, dan ijma’ Ahlussunnah wal Jama’ah.

• Dan setengah mereka itu adalah i’tiqadnya, bahwa Allah Ta’ala terkadang zhahir (menampakkan diri) Ia dengan rupa manusia. Maka dinamai akan dia nabi dan imam ialah memenggil segala manusia kepada agama Islam yang betul. Jikalau tiada demikia, sesatlah segala makhluk.

• Dan setengah daripada mereka itu adalah i’tiqadnya, bahwa Allah Ta’ala masuk kepada sesuatu dan bersatu Ia dengan dia.
Maka i’tiqad yang demikian itu KUFUR!

Syahdan, adalah kaum [Syi’ah] Rafidhiyyah ia sejahat-jahat ahlul bid’ah, seperti sabda Nabi –shallallahu ‘alaihi wa sallam-:
يكون في آخر الزمان قوم يسمون الرافضة، يرفضون الإسلام، فاقتلوهم فإنهم مشركون
Yakni, “Lagi akan jadi pada akhir zaman suatu kaum dinamai akan mereka itu Rafidhi, ditinggalkanlah akan mereka itu Islam. Maka hendaklah kamu bunuh akan mereka itu, dari karena mereka itu kaum KAFIR jua.” [Lihat takhrijnya di http://library.islamweb.net/hadith/display_hbook.php?hflag=1&bk_no=530&pid=850417]

@Semoga bermanfaat.

About Firman Hidayat Marwadi

Seorang penuntut ilmu yang semoga diberi keistiqamahan oleh Allah dalam setiap kebaikan.

Diskusi

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: