//
you're reading...
Aqidah dan Manhaj, Fatwa Ulama, Firqah Sesat

Syaikhul Islam Nuruddin Ar-Raniri: Syi’ah Rafidhah = Yahudi & Nasrani

syiah-bukan-islamSetelah Ar-Raniri* menegaskan akan sesatnya keyakinan “manunggaling kawulo gusti” alias keyakinan bahwa Allah itu alam dan alam itu Allah dengan menukil kalam Ibnu ‘Arabi dalam Al-Futuhat Al-Makkiyyah, yang mana ia menulis,

من هنا أيضا زلت أقدام طائفة عن مجرى التحقيق فقالوا: ما ثم إلا ما نرى، فجعلوا العالم هو الله و الله هو نفس العالم و ليس هذا بمشهد لكونه ما يتحققون به تحقق أهله، فلو تحققو به ما قالوا ذلك.

Dari sinilah keyakinan suatu kaum tergelincir dari kebenaran. Mereka mengatakan, ‘Tidak ada yang maujud selain daripada apa yang kami lihat.’ Dengan demikian mereka menjadikan alam itu Allah dan Allah itu adalah diri alam, dan ini bukanlah pertunjukan bagi kedatangan ke dalam wujudnya sendiri. Mereka tidak memiliki pengetahuan yang sesungguhnya sebagaimana yang dibenarkan oleh para ahli. Sebab, jika jika pengetahuan mereka tentang Allah itu benar, niscaya mereka tidak akan mengatakan semacam itu.”

Ar-Raniri kemudian mengatakan pada hlm. ke-24 dari bukunya, Hujjah Al-Shiddiq fi Daf’ Al-Zindiq, “Di sini, perlu kami beritahukan bahwa pendapat wujudiyyah tersebut sebenarnya sama dengan pendapat kaum ‘Ali Ilahiyyah dan Isma’iliyyah dari golongan Rafidhiyyah. Mereka mengatakan bahwa Al-Haqq (baca: Allah) itu turun lalu kemudian menjadi Ali bin Abi Thalib, karramallah wajhah.

Pendapat dan keyakinan mereka ini sama juga dengan pendapat dan keyakinan umat Yahudi, yang mengakui Nabi Uzair adalah anak Allah. Pendapat kaum Yahudi ini telah disebutkan dalam Al-Quran:

و قالت اليهود عزير ابن الله

“Umat Yahudi mengatakan, ‘Uzair adalah anak Allah.’ (QS At-Taubah 9: 30)

Pendapat dan keyakinan tersebut juga bisa disamakan dengan pendapat dan keyakian umat Kristen, yang menganggap bahwa Nabiyallah Isa adalah anak Allah. Hal ini sebagiamana juga ditegaskan dalam firman-Nya,

و قالت النصارى المسيح ابن الله

“Orang-orang Nasrani mengatakan, ‘Al-Masih adalah anak Allah.’ (QS At-Taubah 9: 30).”

Kesimpulannya: Syi’ah Rafidhah = Yahudi & Nasrani. Jika demikian, apakah ada seorang muslim yang menggap bahwa Syi’ah Rafidhah sebagai saudaranya?! Sungguh, ini merupakan suatu keanehan yang nyata!!!


About Firman Hidayat Marwadi

Seorang penuntut ilmu yang semoga diberi keistiqamahan oleh Allah dalam setiap kebaikan.

Diskusi

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: