//
you're reading...
Bimbingan Islam, Nasehat, Refleksi

Ada Kapasitasnya Masing-masing, Menyoal Polemik Khilaf

menimbangDi dalam Al-Quran Allah mengatakan, bahwa Dia tidak akan memberikan beban pada hamba-Nya di luar batas kemampua si hamba tersebut.

Pernyataan Allah di atas setidaknya dapat pula kita jadikan pedoman di kehidupan sehari-hari, bahwa masing-masing orang memeiliki kemampuan dan kapasitas yang berbeda-beda. Hal ini mencakup seluruh segi kehidupan, baik kapasitas keilmuan ataupun lainnya.

Mengenai kapasitas ilmiah, kiranya dapat kita singgung secara sambil lalu. Di tengah masyarakat yang majmuk ini kita dihadapkan pada masyarakat yang kapasitas intelektualnya bertingkat-tingkat. Ada yang awam, ada pula pertengahan, dan ada pula yang sudah mencapai derajat tinggi.

Dan masing-masing mereka tentu memiliki kemampuan menelaah masalah yang berbeda pula. Telaah mereka yang berkapasitas tinggi ilmunya tentu saja berbeda dengan mereka yang memiliki kapasitas ilmu yang pas-pasan atau setandart. Yang pertama akan mudah memahami realita yang tengah dihadapi yang tidak bisa dihadapi orang kedua. Hanya saja ada kalangan yang tak mudah menyadari realita ini.

Tidak sedikit orang yang tidak mampu membedakan mana yang berkapasitas tinggi dan mana yang berkapasitas pas-pasan. Sehingga mereka mengira semuanya sama saja. Bahkan menilai dirinya sendirinya saja tak mampu. Akhirnya ia lupa posisinya ada di mana.

Di akhir-akhir ini timbul masalah hukum mengazani bayi. Ada yang berpandangan A, ada yang berpandangan B, dan ada yang menilai C. Payahnya masing-masing pendukung banyak yang tak sadar, bahwa ternyata di balik itu semua ada perbedaan ulama yang panjang pembicaraannya. Lalu timbullah saling siku tanpa kompromi. Padahal para ulama yang berselisih juga sudah jauh-jauh hari menegaskan, bahwa masalah khilaf (mu’tabar) tidak boleh diingkari. Dalam artian tidak boleh saling tuding, apalagi saling tendang.

 

 

About Firman Hidayat Marwadi

Seorang penuntut ilmu yang semoga diberi keistiqamahan oleh Allah dalam setiap kebaikan.

Diskusi

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: