//
you're reading...
Nasehat, Refleksi

Kisah Perjumpaanku dengan Kitab Raf’ul Ilbas Karya Ahmad Khatib Al-Minangkabawi

kaligrafi-man-jadda-wa-jadaSuatu waktu saya pernah membaca sebuah kisah seorang ulama yang lama mencari sebuah kitab yang didambakannya. Hari demi hari, pekan demi pekan, bulan demi bulan, dan bahkan tahun demi tahun tak lelah ia mencarinya. Singkat cerita saat sudah sekian lama ia mencari kitab tersebut, akhirnya membuahkan hasil pula. Ya, akhirnya kitab yang selama ini diburunya jatuh pula dipelukannya. Karena, kata ulama tersebut, “man janda wajada”, eh, “man jadda wajada”. Maksudnya, kesungguhan itu akan menjadi sebab tergapainya keinginan dan cita-cita.

Dan benar. Berapa kali hamba mencari sebuah kitab tertentu berlama-lama sering tak mendapatkan hasil yang berarti meski sudah bertanya ke sejumlah pakar, terutama mbah google. Namun sesering bertanya itu pun tak juga menelurkan buah.

Hingga seiring beredarnya matahari dari Timur ke Barat, akhirnya apa yang hamba cari pun tak lagi mampu bersembunyi di bilik ketidaktahuan. Ia pun dengan tersipu malunya menampakkan wujudnya sembari mengeluarkan panji putih seraya berujar, “Hamba menyerah, Tuan. Ini hamba berserah diri buat Tuan jadikan sahabat dalamnya lautan makrifat.” Mendengar ungkapan hamba bernama kitab itu, hati pun gembira bukan terkira, seraya memanjatkan puji syukur atas segala kemudahan yang Allah karuniakan kepada hamba.

Dan ini adalah salah satu kitab yang lama nian hamba cari dalam mata rantai makrifat ulama Islam, pewaris para nabi dan rasul. Kitab yang ditulis oleh Syaikh Ahmad bin ‘Abdul Lathif Al-Khathib Al-Jawi Al-Minangkabawi dengan tajuk “Raf’u Al-Ilbas ‘An Hukm Al-Anwat Al-Muta’amal Biha Baina An-Nas”.

Untuk berbagi kegembiraan, hamba hadiahkan linknya buat Tuan-Tuan sekalian:

Halaman pertama kitab Raf'ul Ilbas

Halaman pertama kitab Raf’ul Ilbas

Silakan bagi handai taulan yang hendak mengunduhnya bisa diklik di sini.

 

About Firman Hidayat Marwadi

Seorang penuntut ilmu yang semoga diberi keistiqamahan oleh Allah dalam setiap kebaikan.

Diskusi

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: