//
you're reading...
Motivasi

Kau adalah Penulis!

aku-anak-awoIni tentang motivasi menulis. Menulis adalah sebuah kebutuhan yang tidak bisa terluput dalam kehidupan sehari-hari. Bukankah ketika Anda ingin mengirim pesan lewat SMA atau WA harus meluangkan waktu sejenak untuk menulis? Bukankah untuk mengatur urusan rumah Anda pun harus ,menulis? Bukankah untuk mengerjakan tugas kuliah pun Anda harus menulis? Bahkan Keberadaan Anda di muka bumi ini dup sejatinya sedang menulis. Menulis segala sesuatu yang Anda lakukan di sini. Di bumi Tuhan semesta alam.

Al-Ghazali bertutur bahwa tulisan merupakan terjemah sebuah ungkapan lisan. Sehingga hukum tulisan tidak berbeda dengan hukum lisan. Jika baik, maka bai, dan jika buruk pun akan buruk pula.

Berangkat dari semua ini, dapatlah diketahui bahwa semua orang bisa menulis, termasuk Anda.

Lihatlah, murid-murid SD ini saja bisa menulis. Mampu berkarya. Menghadirkan sebuah rangkaian kata yang bermanfaat untuk pembacanya. Ya, mereka masihlah kanak-kanak. Belum lagi dewasa. Toh mereka mampu menulis. Mewujudkan sesuatu yang dianggap oleh sementara orang sulit dilakukan dengan beragam alasan.

Sekarang lihatlah diri Anda. Bukankah jenjang SD sudah Anda lalui bertahun-tahun silam? Bahkan mungkin sebahagian Anda sudah mengenyamnya puluhan tahun yang lampau. Sehingga logika mengatakan, Anda bisa menulis jauh lebih baik daripada mereka. Bukanklah begitu, kawan? Oleh karena itu, mulailah dari sekarang. Yakinkan pada diri Anda masing-masing, “Aku pasti bisa!!!” Kalau perlu, tulis dengan huruf besar di dinding kamar Anda ungkapan itu agar terus menghujam kokoh dalam dada Anda. Bukankah Islam menganjurkan agar setiap orang mampu memberikan manfaat pada orang lain? Tingginya nilai kebaikan berbanding lurus dengan manfaat yang telah ia curahkan pada orang lain.

Owh ya, buku yang Anda lihat ini juga adalah motivasi bagi Anda yang berprofesi sebagai seorang pendidik. Bukankah Anda semua seorang pendidik? Tak pelak, masing-masing Anda adalah pendidik. Minimal mendidik diri sendiri.

Adalah sosok M Nurul Ikhsan Saleh mampu mengajak anak didiknya yang sebelumnya belum pernah ia kenal. Pengajar asal Madura ini mampu memotori anak didiknya untuk menulis yang sebelumnya mungkin tak pernah terbetik dalam benak mereka. Apalagi hingga tulisan itu kemudian dicetak dikenal moleh semua orang. Jauh. Jauh sekali malah. Namun kenyataannya tidaklah sejauh itu. Sunggauh kini telah terwujud.

Kalau Nurul saja bisa berbuat, Anda pun pasti bisa melakukan semisalnya.

Teringat guru bahasa Indonesia penulis. Namanya tak akan pernah lenyap dalam ingatan. Pak Rusmanto, demikian kami menyapanya. Pernah dalam sebuah pelajaran, beliau menyuruh kami para siswa untuk menulis sebuah puisi. Untuk apa? Supaya nantinya dapat dikumpulkan dalam sebuah buku yang bisa dibaca semua orang. Luar biasa metifasi beliau.

Demikian. Semoga bermanfaat!

 

Iklan

About Firman Hidayat Marwadi

Seorang penuntut ilmu yang semoga diberi keistiqamahan oleh Allah dalam setiap kebaikan.

Diskusi

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: